Press Release

Kolaborasi Strategis Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy Wujudkan Jakarta Jadi Kota Global

Think Policy

May 16, 2024

(16/5) Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania dan CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami menandatangani Nota Kesepahaman antara Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy di Jakarta Future City Hub.
(16/5) Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania dan CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami menandatangani Nota Kesepahaman antara Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy di Jakarta Future City Hub.
(16/5) Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania dan CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami menandatangani Nota Kesepahaman antara Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy di Jakarta Future City Hub.

Jakarta, 16 Mei 2024  —  Dalam menyambut penyelenggaraan Jakarta Innovation Days Expo (JIDE) 2024, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta dan Think Policy menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang diselenggarakan di Jakarta Future City Hub. MoU ini merupakan awal dari kolaborasi strategis antara kedua pihak dalam upaya mewujudkan DKI Jakarta sebagai Kota Global yang modern dan berkelanjutan. Kerja sama strategis ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan peningkatan kualitas perencanaan dan pelaksanaan kebijakan publik berbasis bukti dan riset di DKI Jakarta.

Dalam sambutan pembukanya, Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika Nur Rahmania menyampaikan dukungan penuh dan apresiasi terhadap berbagai inisiatif Think Policy. “Dalam semangat menyambut Jakarta Innovation Days Expo (JIDE) 2024, kami percaya bahwa menggandeng Think Policy sebagai mitra strategis adalah langkah yang tepat. Hal ini karena diperlukan cara berpikir kreatif, inovatif, dan adaptif dalam merencanakan berbagai kebijakan serta program untuk mewujudkan DKI Jakarta sebagai Kota Global. Rekam jejak Think Policy telah menunjukkan kompetensi dan dedikasi dalam mewujudkan ekosistem kebijakan publik yang lebih baik,” ujar Atika.

Kerja sama yang berfokus pada penciptaan dampak positif melalui kebijakan publik ini akan mewujudkan empat program strategis sebagai berikut:

  1. Penyusunan Kajian Kebijakan Publik 

Kajian ini akan mencakup berbagai aspek seperti layanan transportasi publik, tata kelola pemerintahan, program lingkungan berkelanjutan, dan layanan kesehatan yang berkualitas.

  1. Forum Diskusi Kebijakan Publik

Forum diskusi reguler seperti “Ruang Tengah” yang akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk membahas isu-isu strategis yang dihadapi DKI Jakarta.

  1. Bootcamp/Workshop Kebijakan Publik

Think Policy akan memfasilitasi ASN Pemprov DKI Jakarta dalam merancang hingga mengimplementasikan kebijakan secara efektif yang dipandu oleh pakar dan ahli kebijakan publik.

  1. Pembuatan Konten Edukasi Kebijakan Publik

Penyusunan konten edukasi dengan cara kreatif dan lebih segar yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan pemahaman publik terkait berbagai kebijakan dan program yang ada di DKI Jakarta.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta Yudi Hermawan (kiri), CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami (tengah), dan Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania (kanan) setelah prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bappeda Provinsi DKI Jakarta dan Think Policy (16/5).


Pasca penandatanganan MoU, Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy langsung melakukan diskusi Ruang Tengah dengan tema “Jakarta Menuju Kota Global: Harus Apa dan Bagaimana?” yang melibatkan berbagai komunitas mitra Think Policy di DKI Jakarta. Diskusi Ruang Tengah ini merupakan salah satu langkah konkrit dari pelaksanaan komitmen antara Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy. “Ke depan, bersama Think Policy, kami akan menyelenggarakan diskusi Ruang Tengah secara berkala dengan topik yang mengikuti perkembangan isu terkini di DKI Jakarta,” ujar Kepala Bappeda DKI Jakarta.

Menurut CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami, penandatanganan MoU ini menjadi bukti atas komitmen Think Policy dalam mendukung Bappeda DKI Jakarta. “Kami mengapresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya Bappeda DKI Jakarta dalam mendukung kebijakan publik berbasis bukti dan riset. Hal ini sejalan dengan visi Think Policy dalam mewujudkan kebijakan publik yang lebih baik berdasarkan bukti, data, dan empati. Kami berkomitmen untuk mendukung Bappeda DKI Jakarta melalui berbagai inisiatif kami seperti pelatihan kebijakan publik, penyelenggaraan diskusi Ruang Tengah, serta penyusunan materi edukasi kebijakan publik dengan cara yang lebih segar,” ujar Andhyta.

Lebih lanjut, CEO Think Policy menambahkan “Kerja sama ini adalah langkah awal bagi Think Policy dalam mendukung transformasi kebijakan publik di tingkat daerah. Besar harapan kami, langkah inovasi yang dilakukan oleh Bappeda DKI Jakarta ini menjadi pionir yang akhirnya dapat diikuti oleh Pemerintah Daerah lainnya.”


****

Tentang Think Policy Indonesia

Didirikan pada tahun 2019, Think Policy adalah platform satu pintu yang bertujuan untuk memajukan ekosistem kebijakan publik di Indonesia. Area intervensi Think Policy berfokus pada aspek SDM, proses, dan solusi dan tiga isu-intergenerasi: (1) ekonomi hijau, (2) transisi digital, dan (3) inklusi sosial. Think Policy menyediakan serangkaian dukungan dan produk mulai dari Academy, Insights, Forum, dan Advisory. Dalam tiga tahun terakhir, Think Policy telah memberi dampak bagi lebih dari 6.000 profesional kebijakan dari 200+ institusi publik dan swasta di seluruh negeri dan menjangkau 43.000+ audiens.

Tentang Bappeda DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta adalah lembaga teknis DKI Jakarta yang menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan di bidang perencanaan, penelitian, dan pengembangan. Melalui tugas pokoknya, Bappeda DKI Jakarta membantu Gubernur/Wali Kota dalam penyelenggaraan Pemda DKI Jakarta di bidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah. Dalam dua tahun terakhir, Bappeda DKI Jakarta telah melaksanakan tugasnya melalui kerja sama dengan lebih dari 25 mitra dan organisasi nasional hingga internasional.

Narahubung:

Yosifebi Ramadhani 

Corporate Communications Lead Think Policy

E: yosi@thinkpolicy.id 

M: +62 812 1373 7355

Latest stories