Tips

Maksimalkan Karier Anda dengan Think Policy Bootcamp Vol.8!

Think Policy

Oct 19, 2023

Berbagai permasalahan di dunia, mulai dari perubahan iklim hingga keadilan sosial, membutuhkan solusi yang dirancang dengan baik. Kebutuhan akan praktisi kebijakan yang terampil ini menjadi misi Think Policy Bootcamp.

Think Policy Bootcamp dirancang sebagai pengalaman intensif dan mendalam sekaligus membantu peserta memahami dimensi multi-faset dari kebijakan publik.

Think Policy Bootcamp merupakan serangkaian kelas keterampilan dan pembelajaran tentang kebijakan publik, mulai dari mengidentifikasi masalah, menganalisis bukti, merancang solusi, hingga bernegosiasi dan mempelajari kepemimpinan.


Siapa saja yang bisa ikut Think Policy Bootcamp?

Think Policy Bootcamp memberi peluang luar biasa secara gratis kepada para profesional yang bekerja di pemerintah, sektor swasta, advokasi, dan organisasi masyarakat sipil. Tidak hanya fokus kepada akademis, bootcamp ini juga menjadi wadah latihan bagi Anda yang bercita-cita membentuk masa depan melalui kebijakan yang efektif dan tata pemerintahan yang berarti.

“Selamat datang di langkah pertama dalam perjalanan Anda menjadi pelopor kebijakan publik”


Kenapa Think Policy Bootcamp berbeda?

Think Policy Bootcamp Vol. 8 menyediakan pengalaman belajar yang dikhususkan untuk para profesional, program ini mengakui nilai dari keahlian yang sudah ada, menggabungkannya dengan mulus ke dalam kurikulum. Ini bukan hanya tentang teori; ini tentang aplikasi praktis.

Bootcamp ini menawarkan alat, metodologi, dan jaringan untuk menetapkan Anda pada jalur menuju kepemimpinan supaya bisa memberikan kontribusi bermakna di bidang kebijakan publik.

Selain itu, studi kasus nyata yang terjabarkan menawarkan pandangan yang tak ternilai ke dalam proses pengambilan keputusan para pemimpin sektor publik yang telah terbukti, memungkinkan peserta untuk memperoleh wawasan yang relevan untuk jalur karier Anda.

"Saya bersyukur telah diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam bootcamp. Melalui studi kasus yang nyata, kami belajar bagaimana terlibat dan mengidentifikasi akar masalah, sehingga kami dapat merasakan empati dan menetapkan kebijakan dalam kehidupan nyata"

— Putri H.L. (Alumni TPB Vol 7)


Pendekatan pembelajaran

Untuk memaksimalkan karier Anda di bidang kebijakan publik, kami memahami bahwa satu pendekatan tidak cocok untuk semua. Bootcamp kami menawarkan dua kombinasi.

Pertama, Asinkron yang dimaksudkan untuk menjelajahi materi secara mandiri melalui platform pembelajaran Think Policy. Kedua, sinkron yang dimaksudkan untuk ruang diskusi materi dan diskusi kasus berdasarkan skenario nyata dengan mentor dan peserta lainnya.

Untuk mendukung pembelajaran yang efektif, Think Policy Bootcamp Vol.8 memberikan wawasan praktis ke dalam proses pengambilan keputusan dari para pemimpin sektor publik yang sukses dengan menganalisis dan menyelesaikan skenario dunia nyata. Ini akan membantu Anda menangani tantangan serupa dalam karier profesional Anda.

"Kelas dilengkapi dengan materi ilmiah yang sangat kompeten, berdasarkan data dan teori, serta lingkungan diskusi yang aman dan inklusif"

— Hot Maringan S. (Alumni TPB Vol 7)

Ditambah dengan kurikulum yang kuat, Anda akan terlibat dalam diskusi yang merangsang dan proyek kolaboratif yang mensimulasikan masalah dunia nyata, mendorong berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah.


Apa saja kriteria untuk menjadi peserta Think Policy Bootcamp Vol. 8?

  • Tidak ada batasan usia, tetapi memiliki pengalaman kerja yang relevan di sektor kebijakan atau sektor publik selama setidaknya 3 tahun

  • Berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam semua rangkaian kelas. Melakukan tugas yang diberikan dan merancang inovasi kebijakan publik di akhir program

  • Untuk menciptakan ruang yang aman untuk pembelajaran dan diskusi, kami akan mengirimkan Non-Disclosure Agreement (NDA) bagi peserta untuk ditandatangani setelah terpilih

  • Kami menyediakan kesempatan yang sama bagi semua orang dan tidak mentolerir diskriminasi dalam bentuk apa pun. Panitia akan memberikan bantuan selama rangkaian kelas bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus

  • Peserta yang terpilih dapat berpartisipasi dalam TPB Vol. 8 secara gratis


Setelah membuka pendaftaran pada bulan Agustus lalu, Think Policy Bootcamp Vol. 8 saat ini sedang berjalan (lihat pengumuman di sini).

Bagi yang belum berkesempatan mengikuti Think Policy Bootcamp Vol. 8 atau berminat mendaftar di volume berikutnya, materi-materi mengenai Kebijakan Publik dapat diakses melalui Think Course. Materi-materi tersebut juga menjadi referensi dalam kegiatan Think Policy Bootcamp Vol. 8. Akses sekarang melalui: thinkpolicy.id/course